Senin, 30 November 2015

1.1 Pengertian MedSos

Pengertian MedSos

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (QS. An-Nisa' : 1)

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang membutuhkan dan memerlukan bantuan serta support dari orang lain. Di dalam Al Quran, Allah azza wa jalla mengistilahkan manusia dengan tasaa-aluna bihi, yaitu saling meminta (membutuhkan) antara satu dengan yang lainnya. Wajar jika dari dahulu hingga saat ini, manusia lebih senang hidup berkoloni dan berkelompok atau berjamaah daripada hidup sendirian.

Dalam istilah modern, manusia itu dikenal dengan istilah makhluk sosial, sebagaimana yang disebutkan oleh Aristoteles (384-322 SM), seorang ahli pikir Yunani yang menyatakan dalam ajaranya, bahwa manusia adalah ZOON POLITICON, artinya pada dasarnya manusia adalah makhluk yang ingin selalu bergaul dan berkumpul dengan manusia, jadi makhluk yang bermasyarakat.

Seiring perkembangan zaman, manusia perlahan mulai membutuhkan sarana dan prasarana untuk terus saling berhubungan dan berkomunikasi, sarana dan prasarana ini lebih dikenal dengan istilah Media Sosial atau disingkat dengan MedSos.

Apa itu medsos?

Jika diperhatikan kata medsos ini berasal dari dua suku kata, yaitu MEDIA dan SOSIAL.
Secara bahasa media berarti alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Sedangkan sosial yaitu sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat. Jadi media sosial (medsos) adalah alat atau sarana komunikasi yang berkenaan dengan masyarakat luas.

Menurut WikiPedia yang dimaksud dengan media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "Sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content". (id.m.wikipedia.org/wiki/Media_sosial?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3872305301).

MedSos menjadi semacam trend yang perkembangannya sangat luar biasa pesat, tidak kenal usia dan strata, juga tidak tergantung dengan tempat. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua sekalipun ikut merasakan gemerlap dan semaraknya medsos ini. Medsos juga bisa dinikmati dan dirasakan tidak hanya oleh masyarakat perkotaan saja, bahkan saat ini masyarakat yang berada di pelosokpun bisa ikut merasakan kecanggihan medsos.

Trend medsos memang membawa banyak sekali perubahan dari zaman ke zaman, perlahan namun pasti medsos mampu menggeser berbagai macam trend komunikasi yang klasik dan tradisionil, seperti surat menyurat, berkirim telegram dan sebagainya.

Salah satu hal yang menjadikan medsos sangat diminati dan digandrungi oleh banyak orang adalah dari sisi kemudahan dan cepatnya interaksi komunikasi antar sesama pengguna medsos ini, hingga kini ada istilah bahwa dunia itu ketika menggunakan medsos hanya sebesar genggaman saja, luar biasa!

Coba bayangkan, jika dulu kita harus menunggu berhari-hari lamanya untuk sekedar menanti balasan dari surat yang kita kirimkan, bahkan terkadang waktu menunggunya bisa jauh lebih lama dari itu, belum lagi saat momen-momen dimana banyak orang yang berkirim surat, seperti pada saat menjelang liburan, lebaran atau hari-hari besar lainnya. Sehingga tidak heran jika saat itu informasi sangat lambat perkembangannya serta menjadi sesuatu yang sangat mahal harganya. Saya masih ingat sekali gimana heboh dan ribetnya saat hendak mengucapkan selamat lebaran kepada teman, sahabat dan saudara-saudara, dimana saya harus berburu banyak sekali kartu lebaran yang beragam dan bervariasi model dan harganya. Saat itu memang ketika menjelang lebaran khususnya, banyak dijual berbagai macam model kartu ucapan lebaran, ada yang didesain khusus untuk keluarga, teman dekat bahkan teman sangat dekat sekali, hehe...

Coba mari kita hitung-hitung, jika saya mau mengirimkan kartu-kartu ucapan selamat lebaran tersebut ke 30 orang teman dan 10 karib kerabat, berapa saya harus mengeluarkan biaya untuk itu semua? Belum lagi ongkos kirim dan lainnya, bahkan yang paling merepotkan adalah setiap kartu ucapan selamat lebaran tadi harus ditulis dengan tulisan tangan secara manual loh, ribet banget kan? Itupun belum ditambah lagi waktu sampainya kartu ucapan tersebut ke penerimanya, kadang malah nyampenya gak lagi di hari lebaran, jadinya kartu ucapannya expired kan? Inilah secuil kisah tentang betapa pada saat itu perkembagan informasi sangat lamban sekali.

Ketika medsos mulai berkembang, perlahan namun pasti tradisi berkirim surat lewat kantor pos mulai tereliminasi dan diganti dengan email dan sms. Jika dulu proses berkirim dan menunggu balasan surat bisa memakan waktu berhari-hari, maka saat ini ketika medsos sudah jauh berkembang, berkirim dan membalas pesan hanya butuh waktu dalam hitungan detik saja, walaupun si pengirim dan penerima berada di benua yang berbeda sekalipun.

Bahkan trend broadcasting (BC) juga telah mampu menyingkirkan banyak kebiasaan klasik dalam berkirim pesan, yang tadinya harus ditulis secara manual satu persatu pada tiap kartu, namun dengan broadcasting kita hanya perlu menuliskan ucapan atau informasi sekali saja, lalu hanya dengan menekan satu tombol pada papan keyboard kita sudah bisa mengirimkan pesan tersebut ke banyak teman-teman kita, alhamduliLlah...

#KMO4D
www.ernawatililys.com

2 komentar:

  1. lanjutkan perjalanan naskahnya. Menarik dan unik. Postingannya juga keren.

    BalasHapus
  2. makasih mam @Ernawati

    mudah2an saya ketularan beken, hehe

    BalasHapus

Popular Posts

Supported By:

Supported By:
warungkoski.com
Diberdayakan oleh Blogger.