Senin, 09 Mei 2016

Antara Tsubasa dan Si Kancil

Banyak orang tua yang mungkin belum sadar tentang betapa pentingnya untuk selalu menyaring dan memilih dengan sangat hati-hati, apa yang akan dibaca dan dipelajari oleh anak-anaknya. Mulai dari buku bacaan, hingga tontonan yang sering menjadi rutinitas harian seorang anak, hendaknya mulai diperhatikan.

Mungkin ada yang bertanya, "Apa sih pengaruh bacaan terhadap seorang anak? Ia kan belum bisa berfikir!"

Anak memang belum bisa berfikir mana yang baik dan mana yang buruk bagi diri mereka, akan tetapi mereka selalu cenderung suka meniru dan mencontoh tokoh-tokoh di dalam kisah yang sedang mereka baca atau mereka tonton. Belumkah kita sadar?

Mari sini kita sedikit mengintip secuil sejarah dari negeri sakura, apakah antum kenal dengan Captain Tsubasa?

Semenjak negara mereka diluluh lantakkan oleh dua bom atom, perlahan namun pasti negara mereka mulai merangkak menuju sebuah perubahan dan kemajuan yang luaaar biasa pesat. Dan ternyata salah satu upaya pemerintah disana adalah memberikan pembinaan mental dan spritual kepada seluruh warganya, salah satu metodenya adalah dengan memberikan bahan bacaan (buku maupun komik) yang berkualitas khususnya kepada anak-anak mereka sebagai generasi penerus bangsa. Apa hubungannya dengan Captain Tsubasa?

Sebelum komik Captain Tsubasa lahir, Jepang hanya meraih medali perunggu di Olimpiade tahun 1968. Lalu coba bandingkan dengan prestasi mereka sejak komik Tsubasa muncul. Tahun 1992, mereka JUARA Piala Asia untuk pertama kalinya di rumah sendiri. Sejak itu mereka seolah menjadi kiblat sepakbola asia dengan meraih tiga gelar lagi dan menjadi pemilik gelar Piala Asia terbanyak!!!

Antum kenal Nakata? Ternyata inspirasi Hidetoshi Nakata untuk bermain bola adalah tokoh sepakbola fiksional, yaitu Tsubasa Ozora. Pun kiper Jepang di Piala Dunia tahun 1998, Seigo Narazaki, mengaku bahwa semasa kecil ia kerap membaca komik Captain Tsubasa. Prestasi sepakbola Jepang memang meningkat sejak adanya Captain Tsubasa. (http://princedevitto.tumblr.com/post/136731280132/komik-sepakbola-sebagai-inspirasi)

Sudah mulai percaya?

Kalau belum, mari kita kembali ke negeri kita yang tercinta ini, lalu coba intip apa bacaan kita dulu semasa kecil? Kisah apa yang sering diperdengarkan kepada kita?

Betuuul... kisah yang kerap diperdengarkan dan dibacakan ke kita adalah KISAH SI KANCIL yang (katanya) cerdik. Apa yang salah?

Coba deh diingat-ingat, kisah kancil seperti apa sih yang membekas di dalam diri kita?

"Si Kancil MENCURI Mentimun"

"Si Kancil MENIPU Buaya"

Benar?

Sudah mulai sadar?

Coba deh perhatikan, karena dulu semasa kecilnya kita sering sekali dicekoki dengan cerita si kancil ini, akhirnya sekarang saat udah gede, banyak yang KORUPSI (Baca : Mencuri) dan MENIPU!!! Luaaaar biasa...

Itulah mengapa seharusnya mulai saat ini, detik ini, hendaknya kita para orang tua, guru atau pendidik, mulai memberikan bahan bacaan juga kisah-kisah yang bisa dijadikan contoh dan teladan bagi anak-anak kita dikala mereka dewasa nanti.

Sebagai umat Islam, kita memiliki segudang kisah indah penuh petuah dan pelajaran berharga dari tokoh-tokoh kita, bahkan di dalam sejarah RasuluLlah ﷺ dan para sahabat-sahabatnya yang mulia, banyak terpendam harta berharga yang belum tergali dan bisa dijadikan warisan yang sangat indah untuk generasi muda kita. Bacakanlah untuk mereka kisah-kisah indah di dalam kehidupan RasuluLlah ﷺ, juga perdengarkanlah kepada mereka kisah luar biasa dari perjalanan para sahabat yang mulia...

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

(Satria Ibnu Abiy)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Supported By:

Supported By:
warungkoski.com
Diberdayakan oleh Blogger.